Perbaikan Jalan Provinsi Butuh Rp1,2 TPalembang

PALEMBANG – Pembangunan jalan yang rusak tidak bisa dilakukan tahun ini// Pasalnya Dana yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan provinsi yang mengalami kerusakan sepanjang 800km idealnya mencapai Rp1,2 triliun.

Berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Sumatera Selatan (Sumsel) dari 1.700 km jalan milik provinsi, 60 persen atau sepanjang 800km mengalami kerusakan.

Penyebabnya, karena kesalahan di masa lalu yang menerapkan sistem pembangunan tahun jamak atau multiyears.

Kepala Dinas (Kadinas) PU Bina Marga Sumsel Heri Amalindo kepada BeritaPagi, Kamis (2/4), mengatakan, sejak tahun jamak digulirkan dari 2005 sampai 2007, perbaikan terkonsentrasi pada jalan nasional.

Sedangkan jalan provinsi kurang tertangani. Proses perbaikan juga sulit dilakukan, karena cuaca tidak mendukung yang membuat kerusakan menjadi lebih parah.

Untuk memperbaiki jalan provinsi sepanjang 800 km yang rusak, menurut Heri idealnya diperlukan dana sekitar Rp1,2 triliun.

Akibat hal tersebut, dampaknya dirasakan sampai saat ini. Warisan jalan yang rusak mencapai 60 persen ditambah lagi cuaca tak mendukung. Walaupun begitu, Dinas PU BM berusaha tetap melakukan perbaikan.

Dana yang dimiliki PU BM sendiri mencapai Rp285 miliar, sedangkan dari APBN hampir Rp500 miliar untuk keseluruhan jalan nasional di Sumsel. (Fatur/BP)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: