Gila Pasca-Pemilu

PALEMBANG- Terkait sudah bersiap-siapnya Rumah Sakit Jiwa Ernaldi Bahar menambah tempat tidur untuk mengantisipasi pasien pasca-pemilu, maka Psycho Family kali ini spesial menghadirkan Novian Pranata S.psi M.si Psikolog, Ketua Himpunan Psikolog Wilayah Sumatera Selatan untuk mengulas kemungkinan stress yang tinggi itu.

“Banyak yang stress memang, tapi kalau sampai gila saya rasa nggak ada,” ujarnya optimis. Novian mengatakan bahwa stress itu terbagi dua, yang negatif dan positif. Dikatakan stress positif jika seseorang menanggulangi stress dengan baik “Kalau ada anak kuliah yang menghadapi semesteran, dia stress, karena stress itulah ia terdorong untuk belajar”.

Sementara yang buruk adalah jika tekanan yang ada ‘di-iya-i’, terus menerus berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa, hal inilah yang akan berdampak tidak baik.

Apakah akan banyak yang ‘gila’ setelah 9 April nanti? “Kalau nggak ada hutang nggak akan gila. Sebetulnya yang bikin gila ya hutang. Kampanye jual ini itu, pinjam kanan kiri, ternyata tidak terpilih. hutang terus ditagih dan bayangan kekalahan akan bangkit terus, inilah yang bahaya.”.

Cara mengantisipasinya adalah dukungan keluarga dan hubungan yang erat dengan Yang Vertikal. “Jangan ada kata ‘kan suah dibilang’, jangan menyalahkan. karena jika ternyata menang, yang senang adalah keluarga. jika kalah, maka keluarga harus penuh dukungan.”

well, bagaimana menurut anda? apakah Ernaldi Bahar akan penuh atau ??? kita lihat saja nanti (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: