Pasar Buah segera diresmikan

PALEMBANG – Pasar buah di kawasan Jaka Baring akan segera dibuka secara resmi pada tanggal 21 Mei mendatang.

Pembukaan sendiri menurut rencana akan dilakukan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Surya Darma Ali.

Kadisperindagkop Kota Palembang, Wancik Badarudin pada saat audiensi dengan Gubernur Sumsel mengatakan pasar buah ini merupakan pasar yang dikelola oleh keperasi setelah pasar ritel Jakabaring dan Pasar Alang-alang lebar. Hal ini sehingga menjadikan Palembang sebagai percontohan pasar yang dikelola oleh koperasi. Pembangunan pasar buah ini menelan biaya sekitar 12 milyar rupiah.

Dia menambahkan pasar buah dikawasan ini disediakan ruko ukuran besar, sedang dan kecil (lapak). Untuk ukuran besar harga mencapai 120 juta rupiah, sementara ukuran kecil atau lapak disewakan berkisar 10 ribu perhari. Diharapkan agar para pedagang buah kecil dikawasan 16 ilir agar segera pindah karena harga lapak terjangkau. Saat ini pedagang yang telah siap menempati sekitar 400 pedagang buah.

Sementara Kadis kop dan UKM, Abdul Shobur mengemukakan bahwa dengan berdirinya 3 pasar yang dikelola koperasi membuktikan bahwa jika koperasi dikelola dengan baik dapat menjadi andalan sektor rill. Bantuan untuk koperasi pun telah tersedia baik dari pusat sekitar 7 milyar atau dari daerah sekitar 200an juta rupaih. Saat ini koperasi yang aktif hanya 1000-an koperasi sementara yang terdaftar mencapai 7 ribu koperasi. (Farur/trijaya)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: