KPU Sumsel Izinkan Bilik Pemilu Bertirai

PALEMBANG – KPU Provinsi Sumsel mengizinkan atau memperbolehkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang menyelenggarakan pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan bilik suara yang bukan standar KPU. Artinya bilik suara yang digunakan untuk pemilu legislatif pada 9 April boleh menggunakan tirai atau menggunakan tambahan kardus.

Anggota KPU Sumsel, Ong berlian mengatakan mengembangkan bilik suara yang akan digunakan untuk pemilu legislatif mendatang yakni dengan menggunakan bilik suara yang terbuat dari kardus atau tirai.

“Untuk bilik suara, boleh dikembangkan dengan menggunakan tirai atau menggunakan kertas kardus. Itu ada di Peraturan KPU 03 Tahun 2009,” ujar Ong Berlian.

Ong Berlian melanjutkan untuk pengembangan bilik suara tersebut KPU Sumsel tidak menyediakan anggaran khusus artinya pengembangan bilik tersebut jika memang swadaya masyarakat diperbolehkan.

Menurut Ong Berlian, pengembangan bilik suara tersebut bertujuan untuk mengantisipasi psikologis masyarakat ketika memberikan hak suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Itu juga terkait dengan lebarnya surat suara lebar yang diperkirakan akan menyulitkan masyarakat ketika memberikan hak suara.

“Kita berupaya meminimalisir suara tidak sah,” tambah Ong Berlian.

Ong Berlian menambahkan dengan bilik yang ada sekarang, kepala dan kaki orang dalam bilik masih kelihatan. Hal itu jelas tidak masalah bagi masyarakat perkotaan, tetapi tidak demikian untuk masyarakat pedesaan yang tingkat pendidikannya masih rendah.

“Masyarakat desa bisa gugup ketika memberikan hak suaranya dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Bila menggunakan bilik suara bertirai, diharapkan mengurangi kegugupan masyarakat,” jelasnya. (Ino)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: