Jaminan Kesehatan Semesta Sum-Sel

PALEMBANG – JAMSOSKES SUMSEL SEMSETA, layanan berobat gratis yang sudah diterapkan di Sumatera Selatan sudah berjalan kurang lebih satu bulan. Program ini saat ini tentunya perlu sosialisasi yang intens agar masyarakat dapat mengetahui prosedur pelaksaannya. “Mudah saja, cukup ada KTP, Kartu Keluarga atau karti domisili tempat tinggal yang dikeluarjan oleh kelurahan,” ujar Kabid Jaminan Kesehatan dan Sarana Kesehatan, dr Lena menenrangkan tentang syarat-syarat yang harus dilengkapi oleh masyarakat yang ingin melakukan pengobatan secara gratis.

Sementara itu, pelayanan apa saja yang diberikan oleh petugas Puskesmas dan jaringannya? Ada beberapa hal misalnya konsultasi medis, pemeriksaan fisik dan penyuluhan kesehatan, Laboratorium sederhana (darah, urine dan feses rutin) dan radiology. Tindakan medis kecil (kecuali sirkumsisi), pemeriksaan dan pengobatan gigi (termasuk cabut dan tambal kecuali dengan menggunakan laser), pemeriksaan
ibu hamil, ibu nifas dan menyusi, pemeriksaan bayi dan balita, pelayanan KB dan penangan efek samping (alat kontrasepsi disediakan oleh BKKBN), pemberian obat dengan indikasi medis.

Bagaimana dengan penanganan penyakit semacam cuci darah dan kanker? “Jika memang dapat diverivikasi secara berjenjang, maka pasien akan mendapat rujukan ke rumah sakit Harapan Kita, Darmais dan lain-lain.” ujar dr. Lena.

Jika informasi merasa mendapatkan kesulitan dalam penerapan Jamsoskes ini di lapangan, dapat melakkan pengaduan ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Jl. Jend.Sudirman Km 3 Komp. RSU Palembang 30126 Telp. 0711.354 915. (vira)

    • wathcing
    • Januari 5th, 2010

    jaminan kesehatan ternyata hanya teori saja.. namun pada kenyataan sangat berbeda.. seperti di Puskesmas Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir.. poli gigi.. dokter praktek gigi hanya mau melayani pasien berobat jam 2 siang untuk tambal gigi dan ditarik biaya alias tidak gratisssss…. kata pegawai puskesnya kalau pagi bahan dari dinas kabupaten habis.. kalau siang ada ??? jadi pagi tidak bisa … kalau siang bisa tapi BAYAR DONG…. gimana tuhh…!!!???? kasihan’khan masyarakat dibodohin terus.. kepada pihak yang terkait, kami mohon klarifikasi dilapangan.. trims.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: