Brazillian Jazz Mendominasi

JAVA JAZZ HARI KE-1
img_3361
Event akbar Java Jazz 2009 kembali digelar di JCC-Jakarta Convention Center mulai 6-8 Maret 2009 ini.Tahun ini Java Jazz memasuki usia yang ke-5 dengan mengusung tema “Bringing the World to Indonesia”.Hal ini dibuktikan dengan banyaknya musisi dari manca yang tampil seperti dari Amerika Serikat, Jepang, Mexico, Austria, Chili, Uni Emirat Arab, Belanda, India, Norwegia, Italia, Inggris, Jamaika dan Malaysia. Chairman PT Java Festival Production (JFP) Peter F Gontha mengatakan,biaya penyelenggaraan festival ini mencapai Rp 40–60 miliar.
”Meliputi banyak aspek, bukan hanya para penampil, tapi juga stan, merchandise, serta makanan,” kata Peter. Sementara menurut Koordinator Program Eki mengatakan bahwa Java Jazz 2009 akan menghadirkan 19 panggung yang tersebar di seluruh kompleks JCC dengan total 210 pertunjukan (setiap harinya ada 70 show). ”Jumlah ini jelas lebih besar dari tahun lalu yang hanya 188 show, begitu juga soal penampil lebih beragam” lanjut Eki.
Java Jazz 2009 kali ini menampilkan 2.500 performer dalam rentang tiga hari,terbagi dalam 900 musikus internasional serta 1.600 musikus lokal.
Yang menarik, tahun ini Java Jazz seperti tahun sebelumnya juga ada program ramah lingkungan. Selain partisipasi sponsor seperti Go Green dan Medco Energi, juga ada beberapa program Bike to Java Jazz Festival sebagai wujud kepedulian terhadap pengurangan polusi.

img_3424
Hari pertama Java Jazz pintu utama pertunjukkan sudah mulai dibuka pada pukul 15.00 dan ada 19 panggung/stage dan menampilkan sekitar 60 pertunjukkan.Ada 2 Special Show hari pertama Java Jazz yakni JASON MRAZ, luar biasa respon penonton terhadap penampilannya.Jason mampu mengajak audience untuk bernyanyi dan bergoyang mengikuti irama komposisi lagu-lagu yang dibawakannya, seperti misalnya pada lagu first single yang juga dinyanyikannya yang berjudul ”I’m Yours”.Aksi panggung Jason mampu membuat histeria penonton yang didominasi anak muda.Konsep musik Jason Mraz sendiri sebenarnya lebih cenderung paduan antara pop,dance,fusion dan acid/nujazz. Sedangkan spesial show ke-2 menampilkan ’DIANNE REEVES’ penyanyi yang lewat albumnya ’The Calling’ memenangkan grammy award ini tampil sangat impresif di hadapan para penonton yang sudah merindukan untuk melihat kemampuan improvisasi vokalnya.Karena publik jazz Indonesia sangat mengenalnya terutama suara dan lagunya yang menjadi Theme Song di Film serial HBO yang terkenal ’Sex and The City’.Penonton banyak memberikan applause saat Dianne menyanyikan beberapa lagu dengan improvisasinya terutama pada nada-nada oktaf yang tinggi, selain dia mampu mengajak audience untuk berinteraksi dengan-nya.

img_34091
Sementara itu para pecinta jazz sejati banyak terfokus perhatiannya melihat penampilan ELIANE ELIAS pianis dan vokalis asal brasil yang tahun lalu merilis album yang kental dengan nuansa gaya bossa nova yang berjudul ’Bossa Nova Stories’ tampil sangat memikat di Java Jazz 2009 ini.Beberapa lagu khas brasil dibawakannya seperti ’Samba’.Permainan jari jemari di tuts tuts piano dengan scat singing-nya mampu membuat decak kagum penonton.

img_3368
Artis lain yang banyak mendapat perhatian dan ditonton adalah saat MATT BIANCO tampil di Plenary Hall.Mungkin ini bisa jadi menghapus kekecewaan dan kerinduan pecintanya, karena kita tahu sebetulnya Matt Bianco sudah dijadwalkan tampil di Java Jazz tahun lalu tapi batal tampil, dan akhirnya di Java Jazz 2009 inilah penonton terpuaskan dengan dapat menikmati secara langsung perfomance Matt Bianco yang malam itu tampil dengan beberapa lagu yang sudah akrab di telinga publik jazz Indonesia,meramu paduan musik ska,jazz dan soul mampu membuat penonton bergoyang dengan lagu-lagunya.

img_3457

Masih banyak artis musisi jazz yang tampil di hari pertama Java Jazz diantaranya Ivan Lins,New York Voices,Ron King Big Band,Mike Stern,Ledisi,Alex Ligertwood serta musisi Indonesia seperti Balawan,Dewa Budjana,Dwiki Dharmawan Global harmony Orchestra dll.Semua menampilkan apresiasi musikalitasnya secara optimal sehingga pesta jazz benar-benar terwujud, selain juga terjadi interaksi dari musisi yang terlibat dan tampil tentunya ini menjadi semakin menambah berkembangnya potensi musisi-musisi jazz lokal dari Indonesia sendiri.
Penonton di hari pertama mencapai lebih dari 20 ribu orang dan banyak juga diantaranya turis-turis asing dari luar negeri.Pesta Jazz di Indonesia memang sudah dimulai kiranya mulai malam ini hingga 2 hari berikutnya di Java Jazz 2009.(Eko Adji)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: