PHK Sumsel mencapai 1493 orang

PALEMBANG – Akibat krisis global, Pemutusan Hubungan kerja (PHK) di Sumatera Selatan semakin meningkat. Berdasarkan catatan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumsel sekitar 1493 tenaga kerja yang telah di PHK. Namun yang terdata di pemprov Sumsel baru 232 tenaga kerja.

Menurut Wakil Gubernur Sumsel Eddy Yusuf, tenaga kerja yang di PHK mayoritas berasal dari perusahaan ekspor impor dari negara Amerika Serikat. Hal ini akan terus bertambah jika kondisi ekonomi membaik. Untuk mengatasi hal ini pihak pemprov hanya akan menggalakan ekonomi padat karya dari proyek-proyek pemerintah provinsi namun diperkirakan baru aktif april mendatang.

Pihaknya berharap dengan kunjungan komisi 9 bidang Kesra dan komisi 11 DPR RI dapat mendesak pemerintah pusat untuk membangun industri sektor hilir. Menurutnya sektor hilir sangat diperlukan apalagi sumsel yang lumbung CPO dan karet namun perusahaan hilir minim.

Dia menambahkan sektor hilir dinilai efektif dalam menahan krisis global apalagi pasar indonesia potensial sehingga tidak tergantung pada ekspor. (Fatur/trijaya)

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: