KPU Tetapkan Caleg Terpilih Berdasar Suara Terbanyak

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan aturan tentang penetapan calon anggota legislatif (Caleg) terpilih. Peraturan tersebut sebagai tindaklanjut atas terbitnya peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) tentang suara terbanyak dan DPT.

Ketua KPU, Hafiz Ansyari, Kamis (5/3) di sela-sela diskusi dengan kaukus perempuan mengatakan peraturan KPU tersebut untuk melengkapi dan menjadi petunjuk teknis penetapan caleg terpilih nanti.
“Tadi malam jam 1 pleno menyetujui penetapan caleg terpilih,” katanya singkat.

Peraturan KPU tersebut bernomor 13 tahun 2009.
Menurutnya, yang bakal ditetapkan sebagai caleg terpilih adalah mereka yang mendapatkan suara terbanyak.

Selain itu, menurutnya, juga mengatur jika ditemukan caleg yang memperoleh suara sama. Untuk menentukan siapa yang berhak menduduki perolehan kursi, adalah caleg yang memiliki sebaran wilayah terluas.

“Kesimpulannya, ya yang dapat suara terbanyak yang akan ditetapkan sebagai caleg terpilih. Termasuk jika perolehannya sama, akan dilihat sebarannya,” tukasnya.

Masih menurut Hafiz, termasuk jika ditemukan caleg yang memiliki sebaran sama, maka akan diserahkan ke partai yang bersangkutan untuk menetapkannya.

Setelah itu disampaikan kepada KPU, untuk ditetapkan sebagai caleg terpilih. Hal itu juga mengacu pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan penetapan caleg terpilih berdasarkan suara terbanyak.

“Ya kalau ternyata wilayah sebarannya sama, akan kita serahkan ke partai untuk menentukan. Kemudian diserahkan ke KPU untuk ditetapkan,” terang Hafiz (Sripo)

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: