Kebijakan Potong Bunga

PALEMBANG – Direktorat Jenderal Pajak mengkampanyekan kebijakan Sunset Policy 2008 yang dibumbuhi dengan kalimat ‘tidur nyenyak’. Kampanye yang dilaksanakan secara besar-besaran ini menggunakan media cetak dan televisi sebagai instrumen komunikasinya. Namun sayangnya, kampanye tersebut tampaknya tidak memberikan dampak yang cukup signifikan. Apa alasannya? Yunus Darmono, Kepala Bidang Pelayanan, Penyuluhan dan Humas Kanwil DJP Sum-Sel dan Kepulauan Bangka Belitung mengungkap bahwa adanya ketidakpercayaan masyarakat akan hal ini. “Sanksi atas bunga tertunggak betul-betul tidak perlu dibayarkan oleh Wajib Pajak. Tapi ini adalah bunganya, bukan pajaknya,” Ujar Yunus.

Kebijakan ini bermula pada Salah satu hal baru yang diatur dalam perubahan terakhir UU KUP adalah adanya pasal 35A yang memberikan kewenangan kepada Direktorat Jenderal Pajak untuk mengumpulkan data dan informasi perpajakan dari setiap instansi pemerintah, lembaga, asosiasi dan pihak lain. Tak Ubahnya seperti KPK dong? Yunus memaparkan bahwa data-data yang digunakan untuk menghindari adanya underground economic movement.

Apa sebetulnya manfaat Sunset Policy bagi Wajib Pajak?

1. Sunset policy memberikan kesempatan kepada wajib pajak untuk menyampaikan SPT baru apabila dalam tahun yang bersangkutan belum pernah menyampaikan SPT.
2. Sunset policy memberikan pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi berupa bunga atas keterlambatan pelunasan kekurangan pembayaran pajak
3. SPT yang disampaikan dalam rangka sunset policy tidak dilakukan pemeriksaan pajak, kecuali terdapat data atau keterangan yang menyatakan bahwa Surat Pemberitahuan yang disampaikan Wajib Pajak tidak benar atau menyatakan lebih bayar. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: