Semen di Palembang Langka, Tersendat Karena Masalah Pengangkutan

PALEMBANG – PT. Semen Baturaja segera akan menyalurkan 1000 ton bahan mentah (klinker) semen ke Palembang dan Lampung menyikapi stok semen yang langka, sehingga menyebabkan kenaikan harga semen semen di masyarakat.

Humas PT. Semen Baturaja, Sudarman Sulaiman mengatakan , kendala yang dihadapi saat ini adalah soal pengangkutan. Menurutnya, beberapa waktu lalu belum tercapai kesepakatan baru soal harga pengangkutan dengan PT Kereta Api.

” Namun sekarang sudah, ada kesepakatan, harganya dari 1805 ton/ km menjadi 3055 ton/km. Jadi naik 90 persenan,” kata Sudarman, Rabu (04/06/2008).

Dengan kesepakatan ini, PT KA hari ini mulai mengangkut klinker tersebut ke Palembang dan Lampung, dengan dua rangkaian kereta.

”Saat ini akibat gangguan pengangkutan, terdapat material menumpuk sebesar 68 ribu ribu ton di gudang kita di baturaja,” tambah Sudarman.

Dia berharap dengan mulai pengangkutan klinker ini, masalah kekurangan stok semen di Palembang dapat teratasi.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Trijaya FM Palembang, kenaikan harga semen dipasaran sudah terjadi sejak awal bulan lau. Minggu kemarin, harganya bervariasi mulai dari 61 – 65 ribu per sak di toko-toko pengecer. Sementara berdasarkan pantauan kemarin, harganya sudah ada yang tembus 70 ribu/ saknya. Selain itu, beberapa merk semen juga hilang di pasaran.

Kabid Perdagangan Disperindag kota Palembang, Yustianus mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan kepastian dari beberapa perwakilan perusahaan semen, akibat ketiadan stok semen di Palembang.

”Penyebabnya angkutan kapal. Mereka masih bernegosiasi soal harga angkut, namun dari beberapa perusahaan tersebut, seperti tiga roda, mulai akan mengapalkan 2500 ton semen ke Palembang. Mereka sudah dapat kesepakatan soal harga,” kata Yustianus.

Sementara, untuk merk lainnya, menurut Yustianus, mereka akan cari tahu kenapa mereka belum mengirimkan semennya ke Palembang. (MF/Fir)

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: