5 Anggota KPU Sumsel di Nonaktifkan

PALEMBANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat tertanggal 24 Desember 2008 secara resmi mencopot atau memberhentikan sementara Ketua dan Anggota KPU Prov Sumsel. Kelimanya dinyatakan dinonaktifkan hingga adanya penyelesaian kemelut di KPU Prov Sumsel oleh Dewan Kehormatan terkait dengan rekrutmen calon anggota KPU kabupaten/kota se-Sumsel.

Surat Keputusan KPU No 138/SK/SDM/KPU/Tahun 2008 tentang Pemberhentian Sementara Ketua dan Anggota KPU Prov Sumsel ditandatangani langsung oleh Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary AZ. SK disampaikan ke KPU Prov Sumsel, Kamis (25/12) sekitar pukul 16.00 melalui faksimil.

Kelima orang anggota KPU Prov Sumsel yang dinyatakan diberhentikan sementara adalah Syafitri Irwan (Ketua KPU Prov Sumsel), Mismiwati, Alfian Toni, Ahmad Bakri dan Helmi Ibrahim (masing-masing sebagai anggota KPU Prov Sumsel). Kepada mereka dilarang mengambil kebijakan dan melakukan kegiatan serta tindakan apapun yang mengatasnamakan KPU Prov Sumsel.

Pernyataan bahwa kelima anggota KPU Prov Sumsel tersebut resmi telah diberhentikan sementara disampaikan oleh Sekretaris KPU Prov Sumsel Sayuti Hadim, Kamis (25/12) di Kantor KPU Prov Sumsel. Ia sendiri berdasarkan SK KPU menjadi pelaksana tugas, kewenangan dan kewajiban KPU Prov Sumsel. “Sekretaris ditunjuk sebagai pelaksana harian di KPU Prov Sumsel sampai rekrutmen yang akan datang,” ujar Sayuti yang didampingi para kepala bagian di Sekretariat KPU Prov Sumsel.

Sedangkan mengenai rencana pelantikan anggota KPU kabupaten/kota se-Sumsel di Gedung Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Sayuti mengaku tidak tahu. Pihaknya tidak menerima undangan tersebut. “Bila tetap dilaksanakan, kami akan merujuk ke surat yang diterima dari KPU di Jakarta,” ujarnya.

Seperti diberitakan, menyusul pro kontra penetapan 70 calon anggota KPU se-Sumsel, KPU Sumsel pecah dua. Syafitri Irwan dan Alfian Toni di kubu pertama, sedangkan kubu lainnya adalah Helmi Ibrahim, Ahmad Bakri dan Mismiwati. Perseteruan ini kemudian mengundang KPU Pusat turun tangan dengan hasil, kelimanya dicopot sementara, dan KPU Pusat akan menyelenggarakan seleksi (fit and proper test) ulang 10 besar calon anggota KPU se-Sumsel.

Tetap SantaiKabar pemberhentian ketua dan anggota KPU Prov Sumsel tersebut mulai santer terdengar siang kemarin. Syafitri secara sengaja memberi kabar ke sejumlah media cetak lokal di Palembang untuk bertemu di Kantor KPU Prov Sumsel di Jakabaring. Namun Syafitri enggan untuk memberikan keterangan meski terkesan ia sudah mengetahui isi surat tersebut.

Bahkan, setengah jam sebelum diumumkan secara resmi oleh Sekretaris KPU Prov Sumsel, Syafitri sudah meninggalkan Kantor KPU Prov Sumsel di Jakabaring. Ia keluar dan mengunci ruangan kerjanya lalu meninggalkan kantor dengan menggunakan mobil Nissan Terrano warna hitam.

Syafitri tampak tetap santai meski sudah mengetahui nasibnya. Ia datang ke kantor dengan pakaian kaos oblong yang dibalut jaket dipadu dengan celana jins.

Ditanya mengenai rencana pelantikan anggota KPU kabupaten/kota se -Sumsel, ia menegaskan pelantikan itu tidak pernah ada. Kalaupun ada maka hal itu dipandang sebagai ulah oknum yang menyelenggarakan pelantikan. “KPU Prov Sumsel belum pernah menetapkan lima besar anggota KPU kabupaten/kota, apalagi menetapkan jadwal pelantikan,” ujar Syafitri sebelum meninggalkan kantor.

Sementara itu KPU tetap akan melakukan fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) kepada 10 orang calon anggota KPU kabupaten/kota se-Sumsel yang berasal dari 14 kabupaten/kota. Rencananya hal tersebut akan dilaksanakan tanggal 3-6 Januari 2009 di Sumsel dengan dibagi menjadi tiga rayon atau kelompok daerah.

Kelompok I, uji kelayakan dan kepatutan akan dilakukan di Kantor KPU Prov Sumsel yang meliputi Kota Palembang, Prabumulih, Ogan Ilir, OKI, dan Banyuasin. Sedangkan Kelompok II yang juga bertempat di Kantor KPU Prov Sumsel meliputi daerah OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Muaraenim dan Muba. Dan Kelompok III, uji kepatutan dan kelayakan dilakukan di Kantor KPU Kab Pagaralam yang diikuti calon dari daerah Pagaralam, Lubuklinggau, Mura dan Lahat. (Sripo)

About these ads
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: